Nikah Muda? Siapa takut…


Banyak orang yang tanya, “Apa sih yang bikin kamu mau nikah muda?” “Koq bisa tau kalo dia itu jodoh kamu” dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Perlu diketahui, saya menikah di usia 18 tahun 11 bulan, usia yang bisa terbilang muda. Suami saya sendiri masih berusia 19 tahun 8 bulan saat itu. Well, menikah bukanlah suatu hal yang terpikirkan oleh orang berusia belasan tahun. Jiwa muda yang masih suka bersenang-senang, nongkrong-nongkrong, jalan-jalan, dan sebagainya menjadi alasan untuk menunda pernikahan

Menurut saya, menikah muda itu lebih banyak enaknya daripada engganya. Koq bisa? Oke, saya ceritakan hal-hal yang enaknya:

1. Karena saya menikah pas masih kuliah dan kebetulan sejurusan, jadi untuk urusan kuliah kita bisa saling bantu. Saling menutupi kelemahan dengan kelebihan masing-masing.

2. Biaya kos yang semula masing-masing, jadi digabung. Jadi hemat biaya kos deh.

3. Dewasa sebelum waktunya, hehe. Dengan menikah mau tidak mau cara berpikir kita dituntut untuk lebih dewasa. So, pikiran kita ga lagi nongkrong-nongkrong, shoping ke mall, tapi akan lebih memanfaatkan waktu luang untuk hal yang lebih berguna.

4. Perencanaan keuangan masa depan lebih terstruktur. Misal mau beli rumah di tahun berapa, naik haji di tahun berapa, dll.

5. Lebih cepat mencapai target. Kalo masih single kan mau beli rumah harus nabung sendiri, kalo berdua kan bisa nabung berdua. Jadi target lebih cepat tercapainya.

6. Kalo punya anak nanti umurnya ga terlalu jauh sama ortunya. Keuntungannya bisa saling curhat, trus anaknya pas masa sekolah saat orang tuanya masih di usia produktif.

Tapiiii.. jangan dikira ga ada dukanya juga lho. Adakalanya kita yang masih muda-muda ini berkutat dengan ego masing-masing. Kadang saling ga mau ngalah. Trus kalo marahan kita ngapain sih? Kadang saya ngunci diri di kamar, kadang suaminya yang pergi ke luar. Itu hanya salah satu cara untuk menenangkan diri. Trus yakin deh, ga sampe semalem tuh marah udah ilang. Trus abis itu saling minta maaf deh. Intinya sih emang harus bertanggung jawab aja sih. Tanggung jawab sama komitmen yang udah kita buat di awal.

Kembali ke pertanyaan awal, “Koq saya berani memutuskan menikah di usia semuda itu?” Pertimbangan saya adalah:

1. Saya punya rasa suka terhadap seseorang, tau ga sih gimana rasanya? Saya pengen bareng-bareng terus sama dia, tapi saya ga bisa. Soalnya belum halal, kalo deket-deket bisa mendekatkan diri pada zinah.

2. Mau menikah sekarang atau nanti, sama aja, toh saya maunya sama dia. Malah lebih banyak untungnya kalau nikah sekarang.

3. Ayah saya ga ngizinin pacaran, ngizinin nya nikah.

4. Menikah itu menyempurnakan setengah agama.

Trus ada lagi yang nanya, “Dulu siapa yang ngajak nikah duluan?” Jujur, sebenernya yang ngajak pertama kali itu saya. Kenapa? Karena alasan-alasan di atas. Dan alhamdulillah karena saya tidak mendapat dukungan penuh untuk pacaran, jadi mau ga mau, nikah atau ga pacaran sama sekali.😀

Intinya jangan takut untuk menikah. Ga harus muda koq, menikahlah di saat yang tepat dengan orang yang tepat. Tapi jangan kebanyakan milih juga. Syarat utamanya cuma dua, jujur dan bertanggung jawab.

12 thoughts on “Nikah Muda? Siapa takut…

  1. wah, karena dikasih link blog tika, aku iseng2 baca blog2 nya…hmmm,salut buat tika, aku jg pengen…malah ini mah udah tua yah tik….
    cita2 skrg cm berumah tangga jg sih,cariin ateuh tik…hahahha *jadi curhat kieu

  2. wah … mantab…. mestinya aku baca pas masih muda ya.. hehehhe
    sekarang sudah tua…. tapi alhamdulillah sudah nikah dan juga gak terlalu nyesel nikah saat mateng beneran..🙂

    nanti anak-anakku jug akuanjurkan nikah muda aja, yg penting.. jujur dan bertanggung jawab

    1. sip mba.. hehe.. jujur dan bertanggung jawab itu ga ada kamusnya sih mba.. cuma aku aja yang menyimpulkan demikian. Soalnya kalo yang namanya jujur itu ga akan bohong, itu sangat penting dalam menjalin hubungan dan berkomunikasi. Kalau bertanggung jawab, sekalipun ga punya kerjaan misalnya, pasti kita akan berusaha untuk memenuhi kewajiban kita.. dan yang pasti tanggung jawab terhadap keputusan kita.. CMIIW😉

  3. boleh kenal suami mbaknya?? alhamdulillah kebetulan saya juga ada niat seperti anda dan suami saat ini saya di usia 19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s