Jumat di Tahun 88


Teringat pada sebuah kepercayaan yang tampaknya sangat melekat di sebagian besar kaum tionghoa mengenai ke-hoki-an angka 8, saya jadi tertarik untuk mengulasnya. Dan ternyata eh ternyata, saya juga dilahirkan di hari Jumat tahun 88 lho yang jika menurut astrologi timur, shio nya naga, lebih tepatnya naga api.

Sebenarnya ada apa sih dengan angka 8 itu? Konon katanya angka itu disebut angka keberuntungan karena tidak pernah ada awal, dan tidak ada akhirnya yang berarti bahwa rejeki itu datang secara terus menerus dan tak berakhir. Hal lain yang menjadikan 8 ini sebagai angka hoki adalah karena gemuknya yang rata, berimbang. Selain itu, lambang tak hingga yang biasa kita kenal di dunia matematika (∞) yang juga seperti angka 8 tidur juga bermakna infinity yang berarti rejeki yang tak hingga. Ada juga yang bilang konon dalam dialek Kanton, penyebutan angka 8 seperti phat yang bermakna “pertumbuhan yang makmur” atau kekayaan.

Wah.. maknanya bagus ya. Apalagi saya dilahirkan di tahun 88 yang berarti dobel 8, dan juga kelipatan 8. Percaya atau tidak, semoga ini bisa menjadi motivasi saya sendiri untuk bisa menjadi lebih merasa beruntung.

Lalu apa makna dari shio naga? Tak seperti shio di tahun-tahun lainnya, naga, adalah satu-satunya shio yang digambarkan oleh makhluk khayal. Lainnya adalah Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi adalah makhluk nyata. Faktanya naga itu sendiri tak pernah ada. Hanya seekor makhluk khayal yang memiliki wujud berbeda di tiap negara [sumber].  Naga adalah seekor hewan besar yang katanya berbentuk seperti ular, bisa terbang, dan menyemburkan api. Naga digambarkan sebagai sosok yang kuat dan tangguh.

Menurut sumber yang saya baca, orang yang bershio naga adalah orang yang murah hati, penuh semangat hidup, memiliki hasrat yang menyala-nyala, dan hampir selalu berhasil mencapai tujuannya. Orang yang bershio naga juga dikabarkan mudah membangkitkan semangatnya, orangnya terbuka, dan terbiasa untuk jujur mengatakan segala sesuatu dari lubuk hatinya yang terdalam *halah lebay*.

Jumat sendiri adalah hari yang disebut hari paling baik, rajanya hari. Seperti sabda Rasulullah “Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Wow.. banyak sekali yang kata orang disebut sumber keberuntungan berada padaku.. hihiiii.. Faktanya segala sesuatu di dunia ini ada yang mengatur yaitu Allah SWT, Sang Pencipta seluruh alam. Dialah yang menciptakan, dan Dia pula yang mengatur seluruh ciptaannya. Kalau kata orang saya beruntung ya Alhamdulillah, Allah yang telah menjadikan saya demikian.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s