Posted in Academies, My Baby

Seleksi Alam *eh

Adalah hukum seleksi alam bahwa makhluk hidup yang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan berguguran. Begitu juga dengan seleksi sekolah alam (haish apaan sih..). Setelah melewati seleksi administrasi, kami – parents – harus mengikuti seleksi wawancara.

Wawancara telah ditetapkan dilaksanakan pada hari Sabtu dan harus dihadiri oleh kedua parents. Wawancara terdiri dari 3 sesi dengan 3 kelompok pewawancara. Kelompok pertama tentang visi misi, kelompok kedua tentang komunitas, dan kelompok ketiga tentang tumbuh kembang.

Di kelompok pertama, kita lebih difokuskan kepada penyamaan visi misi orang tua dengan SAI. Mengapa parents ingin menyekolahkan anaknya di SAI, sudah tahukan dengan kurikulum pendidikan terintegrasi di SAI, sudah tahukan parents tentang cara belajar di SAI yang lebih banyak kotor-kotoran, apa saja nilai yang ditanamkan di SAI, dan lain sebagainya tentang seluk beluk SAI.

Kelompok kedua lebih fokus kepada kesamaan visi misi dengan komunitas. Oiya, SAI ini merupakan sekolah berbasis komunitas, dimana tidak ada owner di sekolah ini. Sehingga seluruh entitas yang terlibat *dan harus melibatkan diri* merupakan pemilik sekolah ini. Sejauh apa kontribusi yang akan parents berikan dalam membantu pengembangan pendidikan anak-anak di SAI. Misalnya ada kegiatan pemberian makan siang sehat untuk anak-anak yang dilakukan oleh ibu-ibu. Dan masih banyak kegiatan lainnya.

Kelompok ketiga lebih banyak bertanya tentang perkembangan anak. Di sini, parents diuji sejauh mana parents mengenal anaknya. Mulai dari pengalaman dari semasa kehamilan, proses persalinan, pertumbuhan mulai dari merangkak, bicara, berjalan, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah kami sudah melalui proses wawancara dan lolos. Sekarang kaka cifa sedang mengikuti tes sit in (kalo di sekolah lain biasanya disebut trial) selama 5 hari. Kegiatannya mirip seperti simulasi sekolah, dengan konsep alam tentunya. Dimana kaka harus dibekelin sepatu boot, baju ganti, dan jas hujan setiap hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s