Posted in Academies, My Baby

Pendaftaran Sekolah Alam Indonesia

Karena saya dan Pak Misua akhirnya jatuh hati sama sekolah yang ini, akhirnya kami memutuskan kalo Kaka SD nya masuk SAI aja. Berhubung lagi berdasarkan fakta dan realita yang beredar di luar sana, kalo daftar SD di SAI itu peluangnya kecil banget, soalnya banyak yang dari TK lanjut ke SD di SAI sedangkan peminat yang daftar buanyak, jadi bela-belain deh kita mau daftar mulai dari TK (sebenernya telat dikit, harusnya daftar dari KB).

Pengambilan formulir ditentukan tanggal 30 Januari 2016 pukul 08.00 s.d. 12.00. Hhhmm.. cuma 4 jam sajah sodarah sodarah.. Tentunya saya sudah memiliki beberapa persiapan, salah satunya googling. Oiya, 2 tahun yang lalu saya juga pernah coba daftar ke SAI untuk kelas KB, tapi karena Kaka kurang umurnya, jadi ngga diizinkan untuk beli formulir. Jadi paling ngga ada gambaran lah pendaftaran SAI itu kaya apa. Peminat SAI sebenernya ngga banyak-banyak amat, mungkin ngga sebanyak sekolah lain di Jagakarsa yang pernah saya sebutkan. Masalahnya adalah kuotanya yang sangat sedikit. Untuk tingkat TK-A, kuota hanya 10 orang sajah sodarah sodarah. Beberapa hari sebelumnya saya sudah menyiapkan akta kelahiran beserta copy-an nya, Kartu Keluarga beserta copy-an nya, dan pas foto. Pada tahap pengambilan formulir ini, kami cukup membawa akta kelahiran asli saja dan uang formulir sebesar Rp500.000,00. Akta kelahiran ini untuk membuktikan bahwa umurnya memenuhi syarat. Oiya, untuk kelas TK A ini, usia anak minimal 4 tahun pada 31 Juli 2016. Dan SAI ini saklek kalo masalah umur. Kurang 1 hari aja ngga boleh.

Sedikit trik untuk parents yang mau daftar/ambil formulir pendaftaran di SAI, datanglah pagi-pagi. Kalau bisa 1 jam sebelum acara dimulai. Lalu berdirilah di tempat yang benar. Maksudnya antri di tempat yang benar, jangan sampe salah antri. Ntar malah masuk antrian belakang, dan bisa jadi ngga kebagian formulir pendaftaran (kalo yg ini belum dibuktikan). Antrian pertama ini baru untuk mengambil nomor urut pendaftaran. Setelah itu, parents akan dipanggil sesuai dengan nomor urutnya. Pihak sekolah akan mengecek usia calon siswa apakah sesuai dengan kelas yang dituju. Formulir pun sudah di tangan.

PR berikutnya adalah mengisi formulir. Ternyata formulir bukan hanya sekedar mengisi biodata anak saja, tetapi kami sebagai orang tua seperti diwawancarai dalam formulir tersebut dan harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak SAI. Dalam waktu maksimal 5 hari, kami harus mengumpulkan formulir tersebut beserta dokumen pelengkap lainnya seperti copy akta kelahiran, copy kartu keluarga, dan pas foto. Dari tahap ini, pengumuman kelulusan administrasi akan diumumkan seminggu kemudian. Alhamdulillah kaka lulus administrasi, dan kami orang tua akan melakukan tes wawancara minggu depan. Semoga kaka lulus. Oiya, dari kuota 10 orang tadi, ternyata ada 18 pendaftar lhoo.. pyuh *lapkeringet masih harus berjuang nih. Ceritanya lanjut nanti lagi yaa.. kalo udah wawancara. (cerita wawancara baca di sini)

Sebagai gambaran biaya SAI untuk tahun ajaran 2016, komponen biaya terdiri dari DPP, JH/DOT, dan BG. DPP saya ngga tau kepanjangannya, intinya semacam uang bangunan gitulah. Hanya dibayarkan sekali selama sekolah di SAI. Kalo misal lanjut SD ya ngga bayar lagi. Besarnya Rp17.5 juta. JH/DOT mungkin kepanjangannya Dana Operasional Tahunan, dibayarkan per tahun, untuk TK besarnya Rp3.7 juta. BG atau Bea Guru ini semacam SPP dibayarkan per bulan, untuk TK besarnya Rp660 ribu. Semoga memberikan gambaran untuk parents yang berminat menyekolahkan anaknya di SAI yaa.. dan doakan kaka Cifa diterima di TK SAI..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s