Posted in Academies, My Baby

Persiapan Sekolah di Jagakarsa

Tada tadaaa… tiba saatnya bagi si saya untuk mulai menuliskan curahan hati *halah* tentang kegalauan dalam pencarian menuju sekolah anak-anak yang paaasss di hati..

Berawal dari kegalauan saya untuk masukin si kaka ke SD di umur 6 tahun kurang, atau 6 tahun lebih. Di Jakarta susah banget cari SD yang mau nerima anak umur 6 tahun kurang dikit. Padahal kaka lahirnya tanggung, bulan november. Trus emak bapak nya masuk SD nya malah pada umur 5 tahun atau kurang. Akhirnya setelah pencarian sana sini, baca sana sini, tanya sana sini, kami akhirnya memutuskan untuk yaudahlah yaa masukin kaka ke SD nya di umur 7 tahun kurang aja. Biar lebih mateng.

Berikut adalah beberapa sekolah di kawasan sekitaran rumah saya yang jadi inceran:

  1. MIN Al-Azhar Asy-syarif – Ini letaknya di Jalan Kahfi II, deket banget sama rumah, bisa jalan kaki. Kurikulum nya kurikulum madrasah ibtidaiyah alias pendidikan dasar versi kementerian agama, tapi ditambah lagi sama kurikulum al-azhar kairo katanya. Jadi ngga gratis gratis amat. Tetep bayar buat kurikulum kairo nya itu. Pelajarannya juga dua. Yang kurikulum kairo bahasa pengantarnya pake bahasa arab. Bukunya juga tulisannya arab (ya iya lah yaa..). Trus syarat masuk SD nya minimal udah bisa baca Qur’an. Mungkin karena itu juga sih syarat masuk SD nya minimal 6 tahun. Karena kurikulumnya dua, jadi nanti ujiannya juga dua, termasuk ijazah nya juga nanti ada dua.
  2. Sekolah Alam Indonesia РSebenernya tempatnya deket banget sama kontrakan yang dulu, tapi karena sekarang udah pindah rumah, jadi agak jauh dikit. Kurikulum nya ya kurikulum sekolah alam, sekolah untuk pengembangan karakter. Model kelasnya terbuka dan panggung. Anak-anak ngga harus duduk manis, dengerin instruksi guru, tangan dilipat, ngga boleh ribut. Lebih ke aktivitas untuk mempelajari sesuatu. Sekolah ini basisnya komunitas. Jadi semua parents adalah pemilik, dan semua parents harus ikut terlibat dalam kegiatan belajar mengajar anak baik di sekolah maupun di rumah. Kalo buat tipe parents yang ngga suka sama tipe belajar bebas, ngga cocok di sini. Di sekolah model gini ngga ada PR, tapi ada project yang harus dikerjain bareng sama parents. Trus parents juga harus siap untuk cuti, soalnya selalu ada event untuk nemenin anak di sekolah.
  3. Tetum Bunaya – Yang ini juga deket banget sama rumah, bisa jalan kaki. Tempatnya di jalan timbul. Kalo liat bangunannya sih kaya rumah yang dijadiin sekolah. Bangunan KB-TK terpisah sama bangunan SD. Metode belajarnya lebih ke perpaduan montessori sama sekolah alam. Sekolah pengembangan karakter juga, no PR, dan bukan sekolah untuk nge-drill anak. Metode belajar active learning, sama kaya sekolah alam, dan banyak sekolah lainnya yang lagi nge-hits di seputaran jakarta. Berhubung di sini juga ngga kaya sekolah konvensional, jadi jangan harap yaa di sini kaya SD pada umumnya.
  4. Smartschool Al-Haamidiyah – Letaknya paling jauh dari rumah, adanya di jalan kecapi. Ini SD sebenernya SD swasta biasa dengan kurikulum KTSP 2016. Kalo dari namanya kan kaya sekolah Islam Terpadu yah.. tapi ternyata setelah saya survey, bukan. Materi tahfidz adalah materi mulok/ekstrakurikuler (saya lupa). Dan pelajaran agama lainnya juga ngga kaya di MIN atau di sekolah IT.

Ini adalah berdasarkan hasil nanya-nanya dan kunjungan yaa.. Karena saya belum ngalamin sendiri, jadi bisa jadi pandangan saya salah. Untuk biaya belum saya rekap. Yang pasti ke-empat sekolah itu ngga beda jauh lah range biaya nya. Tinggal sekarang bingung mau pilih sekolah yang mana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s