Posted in Uncategorized

29 November – Hari KORPRI

Perjalanan pagi ini cukup lancar, ga terlalu macet dan masih aman terkendali. Di sepanjang jalan saya menemukan cukup banyak Bapak/Ibu berbatik KORPRI. Iseng saya tanya pak misua,

A: “Emang sekarang hari apa, Ba?”
B: “Hari Senin..”
A: “Ih.. maksudnya tanggal berapa..? Koq banyak orang pake baju KORPRI..? Emang Baba ga upacara..?”
B: “Ngga tuh.. Ngga tau juga hari apa.. Deptan doang kali..” (kebetulan emang pas baru lewat Deptan, Kementan-red)

Eh.. ternyata semakin banyak orang berbatik biru itu.. sampai akhirnya jawaban ditemukan pas kami lewat Kemendikbud. Ternyata.. mereka mau memperingati hari KORPRI yang sebenernya diperingati setiap tanggal 29 November.

KORPRI adalah Korps Pegawai Republik Indonesia yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 tahun 1971. Ternyata KORPRI bukan hanya untuk PNS saja lhoo.. KORPRI juga terdiri dari pegawai BUMN, BUMD beserta anak perusahaannya, dan perangkat pemerintah desa.

Inget KORPRI, saya jadi inget pas jamannya prajab dulu. Gini-gini saya mantan PNS lhoo.. hehe.. Ada lima butir janji atau komitmen yang disebut dengan Pancaprasetya Korps Pegawai Republik Indonesia. Dulu dibacain tuh tiap apel pagi dan apel malam. Bunyinya begini:

Pancaprasetya Korps Pegawai Republik Indonesia

  1. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
  2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.
  3. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  4. Bertekad memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.
  5. Berjuang menegakan kejujuran dan keadilan, serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Selain itu.. ada juga mars nya nih.. Awalnya susah banget ngapalin nada nih lagu. Lama-lama enak juga lagunya. Kurang lebih begini liriknya:

Satukan irama langkahmu.. Bersatu tekad menuju ke depan..
Berjuang bahu membahu.. Memberikan tenaga tak segan..
Membangun negara yang jaya.. Membina bangsa besar sejahtera..
Memakai akal dan daya.. Membimbing membangun mengemban..
Berdasar Pancasila.. dan Undang-Undang Dasar 45..
Serta dipadukan oleh haluan negara.. kita maju terus..
Di bawah panji KORPRI.. kita mengabdi tanpa pamrih..
Di dalam naungan Tuhan Yang Maha Kuasa.. KORPRI maju terus..

Ihiiyy.. masih inget ternyata sayah sama si lagu ituh.. Yah.. dari segala macam cerita buruk dan dunia kelam perPNSan, masih tertinggal sedikit rasa bangga karena saya pernah jadi PNS, pernah punya NIP, pernah ikut prajab, dan pernah jadi bagian dari KORPRI. Ngga semua PNS itu buruk koq. Buktinya saya.. *eh* Saya bangga bisa jadi PNS tanpa titipan, tanpa kenalan, dan tanpa sogokan. Seperti syair lagu yang tertulis di atas.. semoga KORPRI maju teruuusss… *kaya tukang parkir😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s