Posted in My Baby

Dunia perPopokan

Holaaaaa…. sekian lama sudah saya hampir melupakan punya diary di sini. Yah.. maklum lah.. namanya juga mahmud alias mamah muda.. apalagi punya mainan baru.. si bocil yang udah resmi jadi anggota baru di keluarga kita.. yes, we are ABCD.. ambu.. baba.. cifa.. dede..

Okeh.. langsung pada substansi cerita. Kali ini saya akan cerita seputar petualangan saya sebagai mahmud di dunia perpopokan. Buat saya urusan popok memopok ini cukup bikin ribet. Pasalnya saya ga punya banyak uang untuk invest di clodi. Bayangkan.. saya harus membeli clodi seharga 200rb an sebanyak minimal 12 clodi dengan asumsi si dede sehari pakai 6 clodi dan 6 laginya dicuci jemur. Kalo pake clodi lokal yang harganya 70rb an insyaAlloh tuh insert ga bertahan lama. Katanya sih pake clodi ini lebih go green karena mengurangi sampah pospak. Kayanya dulu saya pernah cerita tentang clodi deh..

Nah.. dari dulu kepengen mendukung go green dengan pake codi.. tapi saya ga sanggup melakukannya pas jaman si kaka dulu. Yaa.. maklumah si kaka kan anak daycare.. lebih sering pake pospak.. dan saya juga mahmud yang males rempong. Si clodi kan punya perlakuan khusus. Jadi daripada rempong sendirian dan berhubung dulu ga pake ART jadi yaa full pospak allday. Sebulan bisa habis 2pak pospak yang isinya 46 seharga 150rb an Dan alhasil sekarang si kaka 2y7m masih belum lulus toilet training.. hiks..

Setelah si dede lahir.. saya pun memutar otak *halah* untuk mencari formula terhemat (sedang bertransformasi dari mahmud ga mau rempong menjadi mahmud ga mau rugi). Dan taraaa.. saya berhasil menemukan formula sebagai berikut: pagi sampe sore.. dede pake clodi.. malem sebelum bobo.. dede pake pospak sampe bangun.. lah kan sama aja borosnya yaa.. eit tunggu duluu.. Jadiii si clodi ini saya modifikasi.. ga pake insert tapi pake cover istilahnya. Sisihkan insert, gunakan alas ompol renata yg harganya terjangkau. Untuk clodi sehari maksimal saya pakai 2, berarti investasi 4 clodi @45rb (pocket only) dan satu pak alas ompol renata seharga 90rb/lusin. Total 270rb. Untuk malam, saya masih pake pospak dengan alasan kenyamanan. Biar dede ga kebangun cuma buat ganti popok ajah. Selama pake clodi, dede ganti cover tiap pipis, setiap dua jam sekali. Malah kalo pipisnya dikit cuma saya balik aja covernya. Biasanya masih kering.

Secara kalkulasi untuk dua tahun adalah..

1. Full pospak: rata2 150rb x 24 bulan = 3.6jt

2. Full clodi impor (klo clodi lokal kayanya harus invest lebih banyak coz harus sering ganti): 12 x 250rb = 3jt

3. Clodi ala saya + pospak: pocket 45rb x 4 + aor 90rb + 50rb x 24 bulan = 1.47jt

Bisa hemat setengahnya kan kan kan kan..

Leave a Reply

