Posted in My Baby

Rotavirus

Mau share sedikit tentang rotavirus. Sekarang ini Cifa sedang terkena rotavirus. Gejalanya adalah sebagai berikut:
– Selasa pagi, diare
– Selasa siang, diare
– Selasa sore, muntah
– Selasa pukul 20.00, diare
– Selasa pukul 21.00, muntah
– Selasa pukul 23.00, muntah
– Rabu pukul 05.00, diare
– Rabu pukul 09.00, muntah
– Rabu pukul 12.00, diare
– Rabu pukul 18.00, diare
– Rabu pukul 23.00, diare
– Kamis pukul 07.00, diare
Sejak itu terus2an diare dengan frekuensi hampir 15 menit sekali dengan tekstur yang sangat cair.

Akhirnya saya konsultasi kan dengan dsa, dan Cifa ternyata terkena rotavirus.. *yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksin rotarix di usia 2,4, dan 6 bulan.. hiks hiks.. Trus diceramahin sama tante dokter untuk penanganannya. Hasilnya adalah sebagai berikut:
– Anak akan sakit selama 7 – 10 hari.. so ga usah panik kalo sampe 10 hari masih kaya gitu.
– Diet BRATY: Banana Rice Apple Toast Yoghurt.. alhamdulillah hari ini Cifa udah mulai mau makan.
– Tambahkan suplemen Zinc, kata dsa ini anjuran WHO.. dalilnya googling aja sendiri yaa.. Gunanya untuk mempercepat pemulihan usus dan mencegah terjadinya diare berulang dalam 2-3 bulan ke depan.
– Jaga kondisi anak jangan sampai dehidrasi. Selalu berikan cairan pengganti seperti oralit, pedialyt, renalyt, dan sejenisnya.
– Besok-besok jangan males vaksin.. disempatkan waktunya untuk vaksin.. hehe.. yang ini nih yang saya bandel.

Kapan anak harus dibawa ke rumah sakit?

Bawalah anak ke rumah sakit jika terdapat tanda-tanda dehidrasi seperti jumlah pipisnya yang berkurang dan berwarna sangat keruh, menangis tidak ada air mata, kulit jika dicubit tidak kembali ke posisi semula. Selain itu demam tinggi juga perlu diwaspadai.

Semoga Cifa lekas pulih.. dan semoga kita semua sehat selalu.. aaamiiin..๐Ÿ™‚

7 thoughts on “Rotavirus

  1. amiinn… cepet sembuh cifa.. :* :*
    btw, klo vaksin rotavirus gtu emang ga primary yah pink? terus klo udah pernah kena kayak cifa gtu dan mau divaksin itu msh bisa apa nggak?

    1. hhmm.. dibilang ga primary ya ngga juga.. itu termasuk di jadwal vaksin yang dari IDAI.. tapi sayangnya ga disubsidi sama pemerintah.. Kalo vaksin di RS tuh biasanya vaksin nya lumayan banget.. ada harganya.. di atas 200rb rata2.. hehe.. Kalo cifa ga akan vaksin itu lagi.. ke depannya masih banyak jadwal vaksin yang dianjurkan dsa nya.. hehe.. jadi siap2 dompet yaaa…

  2. Wah wah.. Cifa๐Ÿ˜ฅ ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ ud sembuh yaa.. Btw keren itu dsanya๐Ÿ™‚ siapa namanya n praktek d mana? Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s