Posted in Uncategorized

Working Mom tanpa ART

Teringat tulisan mba pungky di sini, saya jadi pengen sharing juga nih.

Seminggu lebih sudah saya menjalani kehidupan saya di kota yang katanya metropolitan, tanpa si ibu, ART include BS yang biasa nemenin Cifa. Ternyata ga seribet yang dibayangkan koq. I can do it. Bahkan di 5 hari pertama saya harus melaluinya tanpa misua. Karena kebetulan saya baru kembali dari kampung halaman tanpa misua juga.

Subuh saya bangun, solat subuh, terus siapin makan untuk Cifa, pumping, mandi. Trus Cifa bangun, makan, mandi, mimi, berangkat ke daycare. Pulang kerja jemput Cifa, solat magrib, masak nasi, nyalain mesin cuci, suapin Cifa sekalian saya makan, main-main, Cifa bobo, pumping, jemur baju, angkatin jemuran yang kemaren.

Beberapa hal yang bisa membantu saya dalam kegiatan ini:

1. Mesin cuci front loading. Tinggal sekali pencet, langsung kering 90%.

2. Rice Cooker. Multifungsi, bisa untuk masak nasi, atau bikin bubur buat Cifa.

3. Ga nyetrika (kecuali baju kerja). Baju-baju rumah diusahakan serapi mungkin pas jemur. Jadi pas kering ga terlalu kusut, tinggal lipet2 aja, taro lemari, beres.

4. Ngepel pake kanebo. Aneh si memang. Tapi enaknya hasil pel langsung kering. Jadi ga khawatir Cifa kepeleset.

5. Daycare, karena Cifa diajarin untuk mandiri di daycare, Cifa bisa mandiri juga di rumah. Kalo saya lagi sibuk beberes rumah, cukup dudukin Cifa di babywalkernya, dan Cifa asyik sama mainan di babywalker sambil nonton saya kerja.

6. Babywalker. Babywalker ini bantu banget kalo saya mau nyuapin Cifa, atau kalo Cifa lagi BLWan. Atau kalo saya lagi sibuk ngerjain kerjaan rumah, tinggal dudukin di BW, Cifa anteng. Tenaang.. BW nya ga bisa dipake jalan-jalan koq. Jadi belum khawatir Cifa keliling rumah dan meraih benda berbahaya di sekitarnya.

7. Mba Bunga, sang OG kantor yang selalu ngider setiap sebelum jam makan siang. Saya pesen makan siang, plus extra lauk untuk makan malam. Jadi pas pulang tinggal masak nasi doang.

8. Si orens alias honda beat tercinta. Perjalanan rumah – daycare – kantor – daycare – rumah jadi lebih ringan.

9. Hanaroo babywrap. Ini juga bantu banget. Kalo saya mau ke pasar, tinggal pake wrap ini. Enak ga pegel jalan-jalan ke pasar. Dipake gendong Cifa sambil bawa motor juga oke.

Daaann.. semoga saya bisa menjalankan hari-hari ke depan. Hikmahnya saya jadi ga males kerja. Saya jadi “terpaksa” belajar masak. Saya juga jadi lebih mandiri. Saya juga membiasakan Cifa untuk hidup tanpa ART. Saya bisa jadi lebih deket sama Cifa. Misua jadi lebih perhatian sama saya. Misua jadi lebih peka sama kerjaan rumah. Dan kami bertiga bisa melewati banyak waktu bersama. ^^

2 thoughts on “Working Mom tanpa ART

  1. Waaaah takjub neh aku bacanyaaa….kereeeeen….mantappp nih ibunya Cifa.
    Kalo dulu aku sampe nangis2 di tinggal ART sekarang aku juga dah ga ambil pusing kalo sewaktu2 ga ada ART tinggal ajak ke kantor titip di daycare deh…

    Dirimu naek motor ke kantor dan ke daycare? aduuuh aku sampai Hanif segedhe ini ga berani bonceng di motor takut dia ketiduran say? gimana caranya siiih?
    Terus dari kantor ke daycare deket ya? dari rumah ke kantor deket juga kan?Jadi kuatirr…

    1. pake baby wrap sih enak mba.. pernah ketiduran juga cifa nya.. trus tinggal tarik aja wrap aja biar kepalanya kesanggah.. Kantor di tendean, rumah di belakang kantor, daycare nya di bulog mba..

      btw mba ngantor di mana sih..? Biasa ke daycare mana mba? sapa tau bisa jadi alternatif..

Leave a Reply

