Posted in Financial, My Baby

Irit vs Pelit

Semua ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Begitu pun dengan saya. Apakah yang terbaik itu harus selalu mahal..? Saya rasa tidak. Ada banyak hal terbaik untuk anak saya yang bisa saya berikan secara murah meriah, bahkan gratis.

1. Periksa Kehamilan
Sejak hamil, saya ga terlalu ngoyo ingin periksa USG setiap bulan di rumah sakit ternama, atau mengonsumsi semua vitamin yang diresepkan dokter. Berhubung saya ga dapet asuransi untuk periksa kehamilan, jadi saya menyesuaikan dengan budget yang saya punya. Saya periksa di RSBDT karena deket kosan. Vitamin pun tidak selalu saya beli. Saya selalu mencari second opinion entah itu ke dokter lain, bidan, atau pun teman-teman yang pernah/sedang hamil. Ternyata vitamin untuk ibu hamil tidak semahal yang diresepkan oleh dokter tertentu. Pas saya periksa di Sukabumi, dokternya meresepkan vitamin lain yang kualitasnya sama dengan harga lebih murah.

2. Persalinan
Siapa sih yang tidak ingin melahirkan selamat. Tapii.. sehat dan selamat bukan berarti harus di rumah sakit. Persalinan di rumah sakit terkenal pun tidak menjamin semua akan baik-baik saja. Saya hanya bisa pasrah dan berdoa sama Allah agar persalinan saya dilancarkan. Lagi-lagi karena ga dapet asuransi, maka saya memutuskan untuk melahirkan di bidan. Alhamdulillah semua lancar dan tentunya pengeluaran minimal.

3. Akte Lahir
Buat yang belum tau nih, proses pembuatan akte lahir sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis. Semua diurus oleh bidan yang membantu persalinan saya. Cukup melengkapi persyaratan berupa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, dan fotocopy buku nikah.

4. Konsul ke Dokter Spesialis Anak
Saya memilih untuk membawa anak saya ke posyandu setiap bulan. Konsultasi ke Dsa diperlukan pada kondisi tertentu, tidak setiap bulan tentunya (lagi-lagi karena ga dapet asuransi). Di posyandu anak akan ditimbang, dipantau kesehatannya oleh tenaga kesehatan (bidan atau dokter). Sama toh sama konsul ke Dsa..? Dan ini juga gratis.. malah dapet snack atau bubur kacang ijo.. hehe..

5. Imunisasi
Imunisasi wajib lengkap yang dianjurkan pemerintah adalah:
– vitamin K dan HIB 0 sesaat setelah lahir
– BCG dan polio 1 saat anak berusia 1 bulan
– HIB 1 & DPT 1 (combo) dan polio 2 saat anak berusia 2 bulan
– HIB 2 & DPT 2 (combo) dan polio 3 saat anak berusia 3 bulan
– HIB 3 & DPT 3 (combo) dan polio 4 saat anak berusia 4 bulan
– Campak saat anak berusia 9 bulan
Semua ini bisa didapatkan secara gratis di posyandu atau puskesmas terdekat.

6. Susu
Alhamdulillah sampai saat ini anak saya masih minum ASI. Jadi tidak ada pos pengeluaran untuk beli susu..🙂 Cukup modal breastpump yang sebanding dengan 3 bulan susu formula.

Kemewahan bukan merupakan faktor seseorang menjadi sukses. Seringkali kesuksesan seseorang dihasilkan dari kesederhanaan hidupnya. *pesan abinya cifa*

One thought on “Irit vs Pelit

  1. haha.. klo yg ini setuju. Ga harus ke dokter, bidan jg byk yg bagus. Cuma mungkin di kota besar lebih terbiasa ke bidan kali ya.. Berhubung aq mau lahiran di kmpung halaman, jd ya memang ke bidan. **kebetulan jg suami g da asuransi buat anak istri n asuransi kntorku g mencukupi plafondnya ^_^

Leave a Reply

