Posted in My Baby

Clothdiaper

Pernah terlintas di pikiranku untuk pake-in clodi ke baby G. Buat yang belum tau, clodi itu clothdiaper, atau popok kain. Yaa.. kita kembali ke jaman orang tua kita dulu, pakenya popok kain, bukan popok sekali pakai. Tapiii.. popok kain yang ini udah modern. Walaupun popok kain, tapi tetep bisa menyerap pee sama poo nya baby mirip seperti popok sekali pakai (pospak) dan lagi bisa dicuci.

Sebenernya sih kalau kita bisa ngerawat, pakai clodi ini bisa lebih hemat daripada pakai pospak. Apalagi clodi bisa diturunkan sampe ke adik2nya nanti. Bayangin aja, kalo sehari menghabiskan 5 pospak x @1500 = 7500. Sebulan 7500 x 30 hari = 225000. Setahun 225000 x 12 = 2700000. Sedangkan untuk investasi di clodi, misal 1 clodi 80000 x 10 clodi (buat 2 hari) = 800000.

Dengan berbekal pengetahuan itu, saya lapor ke misua untuk beli clodi. Eehh.. langsung ditolak dengan alasan ribet. Apalagi pas bilang gitu, saya belum ada asisten. Mulailah saya cari tahu tentang perawatannya. Ternyata ga seribet yang dibayangkan. Clodi bekas yang ada pee atau poo nya tinggal dibilas di bawah air keran mengalir, trus masuk mesin cuci deh. Memang untuk di awal ada yang namanya pre-wash, yaitu clodi dicuci-jemur-kering sebanyak 3 kali. Untuk perawatannya, sebulan sekali dilakukan stripping, yaitu clodi direndam air hangat dalam wadah tertutup. Tujuannya untuk meningkatkan daya serapnya kembali.

Semoga misua ku segera terbuka hatinya.. aaamiiin.. Jadi pengen segera beli clodi nih.

One thought on “Clothdiaper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s