Posted in Live

– Inspirasi Hari Ini –

Saat semalam sedang antri mau beli premium di salah satu SPBU di kawasan Jakarta Selatan, saya memperhatikan ada satu hal yang menarik perhatian saya. Untuk antrian motor, terdapat dua antrian. Karena antrian sebelah kiri lebih sedikit, maka saya pun mengambil tempat di kiri. Lalu saya perhatikan ada sepasang suami istri dan anak kecil antri di sebelah kanan, sejajar dengan saya. Waktu pun berlalu, saya bergerak sedikit demi sedikit (karena antrian memang sedang panjaaaaaang). Saya perhatikan lagi barisan sebelah kanan saya, sepasang suami istri dan anak kecil tadi sudah berada jauh di depan saya. Sekarang motor yang tepat di kanan saya itu berada di urutan ke-4 setelah pasangan suami istri tadi. Apa yang terjadi?

Saya pun pindah ke antrian sebelah kanan, sambil tetap memperhatikan apa yang sebenarnya terjadi. Saya perhatikan petugas SPBU yang jaga di sebelah kiri, hal yang dia lakukan bertanya mau isi berapa – tekan angka target – pegang handle selang (apa namanya nih) – masukin ke tangki – terima uang- kasih kembalian – selesai. Saya perhatikan juga petugas SPBU yang jaga di sebelah kanan, hal yang dia lakukan juga sama persis urutannya. Lalu saya berpikir lagi, “ah mungkin yang antri di kiri pada belom nyiapin motor dan uangnya”. Saya perhatikan ternyata ngga juga. Semua yang antri sudah menyiapkan motornya dengan kondisi tangki terbuka sebelum sampai ke gilirannya. Uang pun sudah mereka siapkan. “Oooh mungkin yang antri di kiri uangnya gede2.. kembalian semuah..”. Tapi ngga juga tuh. Yang antri di kanan juga sama, banyak yang pake uang gede juga. Jadi apa sebenarnya yang membedakan kedua antrian ini hingga berbeda 1 : 4?

Setelah saya perhatikan lebih lanjut ternyata perbedaannya terletak pada kesiapan mereka yang berbeda. Si petugas sebelah kanan telah siap dengan handle selang di tangan kiri dan tangan kanan di pencetan angka. Dia bertanya saat si pemegang motor masih memajukan motornya. Sedangkan si petugas yang sebelah kiri menunggu hingga pengemudi motor siap, baru bertanya, menekan angka target, baru memegang handle. Ya, hanya itu perbedaannya. Tapi dengan itu, bisa membedakan jumlah pelanggan yang bisa dilayani hingga 4 kalinya.

Ternyata persiapan itu sangat penting dalam melakukan segala aktivitas. Persiapan yang baik bisa memberikan hasil yang baik pula seperti terlihat dari kasus di atas. Pantas saja jika ada 2 orang yang berjualan produk yang sama misalnya, dengan konsep yang sama persis, bisa memberikan hasil yang berbeda.

3 thoughts on “– Inspirasi Hari Ini –

  1. Setuju, Mba..! Persiapan memang umumnya berkorelasi dengan hasil yang dicapai dalam sebuah aktivitas. Tulisan di atas benar-benar inspiratif, mengingatkan pembaca (khususnya saya pribadi) kembali merenungi tentang pentingnya nilai persiapan sebelum bertindak.
    Salam kenal dan sehat selalu u/ Mba..🙂

Leave a Reply

