Posted in Financial

Jangan Tinggalkan Kartu di Mesin ATM

Ada kejadian yang cukup menarik yang saya alami tadi pagi. Kejadian ini terjadi saat saya sedang mengambil uang di ATM B*A.

Seperti biasa saya memperhatikan orang-orang di sekitar saya yang sedang mengantri dan sedangan mengambil uang di ATM. Awalnya, saya antri di ATM pecahan Rp 50.000. Saya berada di antrian ke-3. Tapi karena orang yang sedang berada di depan ATM cukup lama, maka saya pun beralih ke ATM pecahan Rp 100.000 dan saya mendapat antrian ke-2.

Tiba giliran saya di depan ATM, orang ke-2 di sebelah saya juga sudah mendapat gilirannya. Nah, pas dia mau masukin kartu ATM nya ke mesin, ternyata kartu ATM nya ga bisa masuk. Sekilas saya baca tulisan “Apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?”. Trus saya nyeletuk, “Pilih tidak dulu, Pak. Biar kartunya bisa dimasukkin.” Eh, dasar si Bapak ga ngerti kali yah, malah dilanjutin transaksinya. Saya dengar mesin itu berkata *halah*.. “Please enter your PIN number”. Trus kulirik, kartu si Bapak masih nempel di mulut kartu, belum masuk.

Weleh.. berarti si Bapak transaksi pake kartu ATM orang yang sebelumnya. Trus saya bilang “Pak, kayanya kartu ATM orang yang sebelumnya ketinggalan di dalem.” Eh, Bapak itu malah jawab, “Ga tau deh, mungkin emang ga masuk kartunya, buktinya ini bisa transaksi.”

Nah lhoo… tapi uangnya pasti ga akan keluar sih.. soalnya kan PIN yang Bapak itu masukkin ga cocok sama kartu ATM nya. Tapi kemungkinan kesamaan PIN itu kan ada. Walaupun cuma 1:9^6 kombinasi tapi kemungkinan itu tetap ada. Apalagi saya sempet ngintip pas orang yang kartunya ketinggalan itu mencet PIN nya. Kalaupun PIN nya beda, efek negatif bagi pemilik kartu ATM yang tertinggal adalah kartu ATM akan diblokir setelah 3 kali kesalahan PIN dan itu akan menambah kerjaan kita untuk antri di Bank, dan bayar buka blokiran kartu ATM.

Jadiii… berhati-hatilah wahai para pengguna mesin ATM. Pastikan kartu ATM kita sudah kembali ke dompet sebelum meninggalkan lokasi. Bukan sekali ini saya nemuin kartu ATM yang ketinggalan di mesinnya. Waspadalah.. waspadalah.. Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelaku kejahatan, tapi juga karena ada kesempatan.😀

Leave a Reply

