Posted in Academies

Akademi Kebidanan

Mengingat beberapa post sebelumnya ada bahasan mengenai rencana kuliah adik saya, sekarang mau saya lanjutin nih kisahnya.. hehe..

Adik saya ikut beberapa tes, di antaranya Akpol, Akbid, sama SNMPTN (tetep milihnya kedokteran UI.. doh). Intinya sih Akpol sama kedokteran itu melanjutkan ambisi orang tua yang gak kesampean.. hehe..

Tes pertama Akpol, adik saya langsung ga lulus. Tingginya kurang boo.. hehe.. akhirnya ikutlah tes D3 Kebidanan dari Poltekkes Bandung, tapi tempat kuliahnya di Bogor (semacam kelas jauh gitu kali yaa..).

Satu lagi ikut SNMPTN, hasilnya tetep ga keterima. Ya iyalah.. secara adik saya sekolah dari kampung, ga pinter-pinter amat, dan juga ga kaya-kaya amat. Mimpi lah kayanya kalo ngincer jurusan kedokteran UI yang saingannya bejibun.

Tapii.. alhamdulillah sebelum pengumuman SNMPTN itu keluar, adik saya udah keterima di D3 Kebidanan yang di Bogor itu. Yaa.. semua bersyukur, soalnya masih negri, jadi insyaAllah masih ga terlalu mahal biaya kuliahnya.

Sebagai gambaran buat yang mau masukin anggota keluarganya ke D3 Kebidanan Poltekkes Bandung ini, biaya yang dibutuhkan kurang lebih:

1. Biaya masuk 12,5 juta

2. Biaya per semester nya 2,5 juta

Lumayan lah yaa.. bisa bantu-bantu ringanin beban ortu yang secara lagi nguliahin kakanya juga di Akbid juga tapi swasta. Namanya Akademi Kebidanan Husada Plus. Tempatnya di Bogor juga. Kalo yang Husada Plus ini biayanya lumayan mahal. Pas masuknya aja bayar 16,5 juta. Per semester nya bayar 5 juta ditambah praktek 3 juta. Biaya asrama (kalo ga ngekos) 700rb per bulan sudah termasuk makan 2 kali. Jadi total pengeluaran per semester kurang lebih 12 juta.

Berarti kalo sekarang adiknya sama-sama kuliah di kebidanan juga, per bulannya ortu harus nyiapin dana sebesar kurang lebih 3 juta buat dua anak ituu.. hehe.. suruh siapa punya anak banyak.. :p

Yah.. semoga adik-adikku ini bisa jadi anak yang membanggakan orang tua kelak.. aaamiiin…

26 thoughts on “Akademi Kebidanan

  1. mba afwan saya mau nanya klw adik mba masuk ke akbid bogor test nya hrs kemana? DI POLEKKES bandung atw lngsung ke bogor trs biasanya pendaftrannya di mulainya kapan? mksih sebelumnnya

  2. mau tanya kak, kalo adenya kakak itu keterimanya lewat jalur apa? Apakah ada jalur pmdknya juga? Dan gimana caranya. Dan letak spesifik akbidnya dibogor sebelah mana? Terus adenya kk persemesternya bnr2 cm 2,5jt aja? Gk ada tambahan uang praktek,dsb?
    Hehe,maaf ya kak banyak nanya, skrang sy kelas XII sman 5 depok,niat bgt msk sana, jd antusias bgt buat nanya*-*

    1. ada PMDK, tapi pas angkatan ade semua lewat jalur umum.. tesnya kaya sipenmaru, psikotes sama wawancara.. per semester 3 juta ternyata.. ga ada bayar apa2 lagi.. sukses yaa.. mudah2an keterima..

  3. saya juga mau masuk kesitu,, ade kaka udah masuk apah mau masuk ?
    oya kak, daftar masuknya kapan ?
    terus ada informasi apah aja ?

  4. .saya mauu tanya kirakira kalo daftar lewat jalur PMDK untuk tahun 2013 masih adda gk yh? cz saya masih kelas XII SMA dan saya pengen banget bisa masuk akbid negeri

Leave a Reply

