Posted in Musik

Karawitan

Teringat pada guru karawitan saya waktu SMP, yang tak lain dan tak bukan adalah adik sepupu dari ibu saya alias mamang (paman -red) saya. Guru saya yang satu ini memang sangat unik. Orangnya penuh dengan jiwa seni, tapi tegas dan keras. Jika ada murid yang “kurang berbakat” dalam karawitan harus bersiap-siap menerima gertakan darinya. Tapi guru saya ini memiliki kecintaan yang tinggi terhadap seni karawitan sunda.

Ada satu lagu yang dijadikan lagu wajib untuk setiap kelas yang tampil pas rampak sekar di acara gelar seni tiap tahunnya. Judulnya apa yaa.. lupa sih.. intinya liriknya begini:

Sekolah lanjutan tingkat pertama.. tandang makalangan..
Diajar ikhtiar.. diajar motekar.. rampak babarengan..
Pendidikan.. udagan.. mangsa rek datang..
Sareundeuk.. saigel.. miara pakaya.. supaya alus buahna..
Sirung harepan.. gapura kabagjan..
Hariring wawangi nagri.. halueang budaya bangsa..

Hayooooo… pasti pada ga ngerti kan..? hehe.. Susah sih kalo diartiin per kata. Intinya sih artinya gini nih:

Di sekolah lanjutan pertama ini adalah tempat kita belajar berikhtiar, tempat dimana kita mulai mandiri, kita harus berusaha memperoleh pendidikan sebagai bekal yang akan datang. Harapan itu adalah gerbangnya kebahagiaan.

Jadi kangen deh sama masa-masa dulu latihan buat rampak sekar. Kelas saya yang letaknya paling ujung dan paling dekat ke ruang karawitan disulap jadi ruang latihan karawitan semua kelas. Waktu latihannya digilir tiap kelas. Jadinya kami penghuni kelas yang dipake itu jadi nomaden deh. Pindah-pindah dari satu kelas ke kelas lain.. hihi.. seru sih.. Jadi pengen SMP lagi..😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s