Posted in Travelling

Bikin Paspor yuk…

Apa sih paspor itu? Paspor itu ibarat KTP nya kita di luar negri, berlaku di negara mana aja. Beda sama visa, kalau visa itu merupakan tiket masuk ke suatu negara. Tapi ga semua negara harus pake visa lho. Ada beberapa negara yang ga usah pake visa kalo kita (orang Indonesia) ke sana, contohnya Hongkong, Macau, dan negara-negara Asean lainnya.

Apa syarat untuk membuat paspor?

1. Fotocopy KTP

2. Fotocopy Kartu Keluarga

3. Fotocopy Akta Lahir/Ijazah

4. Fotocopy Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)

5. Surat Sponsor dari HRD asli (bagi yang sudah bekerja)

6. Paspor lama asli (bagi yang perpanjang)

dan semua dokumen asli tersebut harus ada untuk dibawa saat wawancara.

 

Berapa biaya untuk membuat paspor?

Normalnya Rp 255.000. Tapi, itu memerlukan 3 kali kedatangan, yaitu:

1. Masukin berkas.

Semua berkas di atas dimasukkan ke dalam amplop yang dibeli di kantor imigrasi. Ditambah beberapa formulir yang disertai materai.

2. Foto, Ambil sidik jari, wawancara

3. Ambil Paspor

Semua proses itu memerlukan antrian. Jadi kalau mau urus sendiri, sebaiknya datang pagi-pagi. Semoga masih bisa dapat nomor urut antrian.

Kalau ga mau antri, bisa menggunakan jasa dari agen saya dengan biaya Rp 500.000 untuk yang biasa (jadinya kurang lebih satu bulan), dan Rp 800.000 untuk proses cepat (4 hari). Tapi bikinnya di Jakarta Barat. Oh iya, sekarang sistem di kantor imigrasi sudah online, jadi bisa buat paspor di mana saja asalkan alamat KTP dan alamat KK sama. Kalau sudah lewat agen saya, tinggal kasih berkas saja, dan cukup datang satu kali yaitu saat foto dan wawancara.

Tapi kalau punya waktu cuti banyak, lebih baik mengurus paspor sendiri. Lebih hemat (asal jangan pakai mobil sendiri aja, kalo pake mobil sendiri jatuhnya jadi sama aja), bisa sekalian liburan 3 hari di kantor imigrasi🙂.

3 thoughts on “Bikin Paspor yuk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s