Posted in Live, My Baby

Jujur Itu HEBAT

Dalam kamus hidup saya, mengajarkan kejujuran kepada anak-anak adalah hal yang sangat penting. Sering saya melihat banyak orang yang dengan mudahnya mengucapkan suatu kebohongan, memanipulasi data, menerobos antrian, membuang sampah sembarangan, masalah utamanya adalah kejujuran. Mereka tidak bisa jujur terhadap dirinya sendiri. Dan hal ini mungkin yang diajarkan orang tuanya, atau dia lihat dari lingkungannya sehingga dia merasa hal itu adalah biasa.

Satu hal saya alami kemarin saat menemani kaka lomba mewarnai. Ketika kertas bergambar mulai dibagikan, anak-anak dibolehkan untuk menulis nama dan identitas lainnya, namun belum diijinkan untuk memulai mewarnai. Saya lihat satu anak (kebetulan posisinya deket kaka) mulai menggambar di kertas miliknya lalu dia tutupi dengan handuk (anak lomba mewarnai biasanya membawa handuk kecil agar gambar tidak kotor). Dia melakukannya terus sampai ketahuan oleh panitia dan panitia menukar kertasnya dengan kertas baru. Saya pikir anak ini akan sadar. Ternyata dia mengulangi lagi hal yang sama. Miris dalam hati saya. Saya bertanya-tanya kemanakan orang tuanya? Ibunya berjilbab. Tapi dia sama sekali tidak menegur apa yang dilakukan anaknya yang menurut saya itu salah besar. Untunglah sesaat sebelum lomba dimulai, panitia melihatnya dan menukar kertasnya lagi.

Anak itu masih TK, tapi sudah berinisiatif untuk mencuri start. Sempat terpikir untuk melakukan hal yang sama, bantu menggambarkan kertas mewarnai kaka. Tapi pikiran itu langsung saya tepis. Efeknya jangka panjang. Si anak yang masih TK ini akan merekam apa yang saya lakukan, dan menganggap itu hal yang biasa. Perkara menang atau kalah itu urusan belakangan menurut saya. Yang terpenting, saya harus mengajarkan kejujuran dan sportivitas kepada anak-anak saya.

Ada lagi cerita lain, saya melihat anak yang menggunakan cetakan gambar (yang mungkin sudah dibuatkan orang tuanya) dan dia menggunakan di awal-awal waktu lomba dimana kaka panitia masih sibuk dengan anak yang terlambat. Ingiinn rasanya lapor panitia, atau bikinin cetakan juga buat kaka untuk lomba lainnya. Tapi ya sudahlah.. biarkan Alloh yang membalasnya. Untuk apa menang dengan cara yang tidak sehat? Bukankah yang ingin kita ajarkan adalah iklim kompetisi..? Berani menerima kekalahan..? Mirisss..

Mereka masih TK. Masih panjaaaaang sekali jalan hidupnya.. Mereka terlahir seperti kertas putih yang polos dan orang tuanya lah yang bertugas memberi warna dalam hidupnya. Lalu, warna apa yang akan kita berikan pada anak kita..?

Posted in My Baby

Kisah Tentang si Anak “B”

Ini adalah kisah tentang si anak “B”. Dikisahkan pada jaman dahulu kala, terlahirlah seorang anak cantik jelita bergolongan darah B (baca: anak B) yang sekarang sedang menulis blog ini (tsah.. kibas jilbab). Seperti dikisahkan di berbagai macam sumber, kalo anak B itu males, nyeplos, cuek, suka kebebasan, iseng, tapi mandiri. Pernah ada ilustrasi kalo dikasih tugas pasang lukisan di dinding, si anak B ini cukup puas dengan hasil pekerjaannya yang miring. Dalam kisah lain dikisahkan si anak B sedang memakan sesuatu yang menurutnya kurang enak, dan si anak B dengan polosnya nyeletuk “makanan apa sih ini..?” Yah.. begitulah si aku.

Terlahir dengan golongan darah B yang ternyata sebagian besar kisah orang-orang adalah benar. Daann si saya yang terlahir dari kedua orang tua yang bergolongan darah B membawa gen B dominan sehingga ketika terjadi perpaduan dengan pak suami yang bergolongan darah O, menghasilkan keturunan yang semuanya bergolongan darah B (hayoo coba diinget lagi pelajaran biologinya).

Lalu.. apakah gerangan yang terjadi pada si kaka dan si dede..? Ternyata ngga jauh berbeda sodara sodarah.. Yang udah keliatan banget sih si kaka. Misalnya, posisi tidur kaka sangat sangat ngga bisa rapi. Kaka tipikal orang yang bisa tidur dalam kondisi apa pun.. Hahahaa.. Tidur tanpa sprei, kepala ketemu kaki, kaki niban perut dede, dll dsb.. Dan kaka tetap tidur dengan nyaman. Lalu dalam hal mengerjakan suatu tugas misalnya, kaka cukup merasa puas dengan hasilnya yang yaa ngga bisa dibilang sempurna.. ^_^ Ketika diingatkan pun kaka cuma bilang “ngga pa pa lah.. sedikit doang..”

Tapii jangan salah nih.. orang yang punya golongan darah B tipikal orang yang cuek, tenang, dan santai.. sehingga tidak mudah terbawa suasana yang membantu memudahkan dalam penyelesaian permasalahan. Karena kaka suka bilang “ngga pa pa lah” kaka ngga jadi orang yang mudah stres kalau ternyata apa yang didapatnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Di usianya yang masih terhitung balita, kaka sudah bisa menguasai emosi dan tidak memaksakan keinginannya.

Ya ngga pa pa lah..🙂

Posted in Uncategorized

Jodoh pasti Bertemu

*stel lagu afgan dulu boleh buat backsound*

Jadi kisah ini berawal dari 5 hari menjelang lebaran idul fitri beberapa bulan yang lalu. Waktu itu, siang siang bolong, saya sama pak misua lagi naik mobil titipan orang tua jalan-jalan ke daerah kelapa gading. Keluar tol JORR, antrilah saya di lampu merah perempatan transmart cempaka mas mau belok kanan. Pas dapet lampu ijo, jalanlah kita. Dan kemudian “blub blub blub blub..” suara apaan tuh? Dan kami pun langsung minggir setelah belok kanan.

BAN BOCOR
yap.. Ban kiri belakang bocor, dan langsung habis seketika, ngga bisa maju lagi. Karena kami ngga ada pengalaman ganti ban, saya pun minta bantuan tukang ojek yang mangkal di deket situ. Bapak tukang ojek pun mulai berjibaku di bawah teriknya sinar matahari gantiin ban mobil saya. Tak lama kemudian, datang seorang yang lebih muda (sepantaran lah sama misua) nanya nanya dan ikut bantuin sedikit. Pas udah hampir selesai kerjaan ganti ban nya, tetiba orang muda itu menghilang begitu saja. Curiga dong pak misua.. Itu orang ke mana padahal belom dikasih duit. Pas dicek ternyata…

TAS HILANG
yup.. Ini memang kecerobohan kami ngga ngunci pintu mobil. Kami sibuk di sebelah kiri, dan dia ngambil tas dari sisi sebelah kanan. Lemes, kesel, marah, benci, nyesel, sumpah serapah, semua campur aduk jadi satu. Apa aja yang hilang..? Banyak.. Salah satunya laptop kantor pak misua. Ouwooooo..

JODOH PASTI BERTEMU
Kembali ke judul tulisan ini, yang namanya skenario Alloh ngga ada yang tau.. Suatu hari, beberapa hari yang lalu, setelah sekian lama pak misua cari2 laptop seken buat ganti, tersebutlah sebuah iklan laptop yg ciri2 fisik nya mirip laptop pak misua yang hilang. Ada tanda tanda cacat fisik yang unik, sehingga pak misua yakin kalo itu laptopnya. Dihubungin lah noHP tertera.. Minta COD weekend, eh dia ngga bisa weekend karena tokonya buka senin-jumat. Mau disamperin pas weekday, dia malah bilang udah laku. Duh, dag dig dug.. Ternyata dia pasang iklan juga di salah satu marketplace. Penasaran, pak misua langsung transaksi via marketplace, dan ternyata barang pun langsung dikirim.

BERASA FTV
Sumpeeehh berasa FTV banget. Ternyata beneeeerrrr banget itu laptop pak misua yang hilang beberapa bulan lalu. Selain ciri fisik cacat unik yang sudah dijelaskan di iklan, juga ada bekas tempelan banyak stiker di bagian bawah laptop. Biasalah, namanya juga aset kantor, banyak tempelan labelnya. Stiker nya udah dicabut, tapi bekasnya masih kelihatan, ada beberapa. Masih penasaran, cek serial number. Dan taraaaaaa… Cocooookkk jaliiiiii.. Antara bingung, ngga percaya, tapi seneng bisa ketemu lagi.. Walopun data udah hilang, tapi masih ada harapan balik lagi lah datanya…

Ini yang disebut rahasia Alloh. Alloh ngga tidur, dan Alloh juga yang menggerakan tangan, akal, dan hati ini untuk buka link iklan itu, untuk baca iklan itu, dan nekat transaksi atas barang itu. Online padahal, ga pake cod. Walaupun harus keluar uang untuk nebus barangnya, tapi saya percaya, Alloh akan menggantinya jaaauuuuuhhh lebih banyak lagi. Dan udah terbukti sih.. Banyaaaaaak banget digantinya sama Alloh..

Posted in Uncategorized

Kehebohan di SAI

Jadi OTS (baca: orang tua siswa) di Sekolah Alam Indonesia (SAI) itu emang kudu harus wajib siap repot. Baru sebulan aja padahal, tapi udah berasa banget sedikit ngos ngosan (hosh hosh). Ga cuma anaknya aja yang harus adaptasi, tapi emak bapaknya juga. Kenapa emak bapaknya juga? Karena di SAI, emak bapak nya yang sekolah. Mulai dari proses seleksi, emak bapaknya yang diwawancara.
OTS SAI memiliki peran yang sangat penting.

Konsep pendidikan di SAI yang merupakan komunitas, menjadikan OTS harus ikut andil dalam setiap kegiatan. Ini juga yang menyatukan frekuensi pengajaran di sekolah dan frekuensi pengajaran di rumah. Karena dalam sehari, anak akan lebih lama bersama dengan orang tuanya di rumah daripada dengan gurunya di sekolah. Jadi apa yang diajarkan di sekolah juga harus dicontohin nih sama emak bapaknya di rumah.

Dan kehebohan pun dimulai:
1. Heboh nyiapin bekal sehat berupa snack setiap hari.
2. Heboh nyiapin bekal sehat makan siang seminggu tiga kali.
3. Heboh nyiapin buat event Indonesian Culture Fair (ya dekor booth nya, ya nyiapin kostumnya).
4. Heboh persiapan buat rabu ceria (nyiapin bekal sehat tiap hari rabu untuk anak sekelas) 1x/semester.
5. Heboh cariin jadwal baba buat story telling 1x/semester.
6. Heboh nyiapin transportasi buat anter jemput kegiatan outdoor 1x/semester.
7. Heboh nyiapin peralatan tempur kaka tiap hari (baju ganti, keresek, jas ujan, sepatu boot, baju yg dipake, ketersediaan bekal dalam tas, air minum).
8. Heboh buat persiapan buat market day (belum ketauan nih mau ngapain).
9. Heboh prepare buat ekstrakurikuler.
Daann mungkin masih banyak lagi kehebohan lainnya.. Hehee..

Untunglah dulu sudah cukup terbiasa jadi aktivis kampus (halah).. Mirip-mirip kepanitiaan lah.. Cuma ini mah kitanya yg banyak inisiatif mau ambil peran apa. Cape.. Tapi seru..

Posted in Home Appliance

Rumah Idaman Jadi

Udah pernah baca kan dulu tentang konsep rumah idaman sayah dengan tanah seluas 8×14 meter (lebih dikit).. yang belum baca dulu..

Dulu.. niatnya bangun rumah sendiri dan desain sendiri. Tapi kenyataannya setelah mempertimbangkan satu dan lain hal, menghitung satu dan lain hal, maka akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek untuk mendesain dan membangun rumah yang sesuai dengan karakter kami, menyesuaikan keinginan dan kebutuhan kami, dan tentunya menyesuaikan budget yang kami punya.

Awalnya cari jasa desain di kaskus, nemu lah satu arsitek murah. Setelah ketemu, dan dia coba kasih gambar, saya ga sreg, dan ternyata dia ngga bisa kasih alternatif lain, padahal udah saya kasih buku desain gitu.. jadilah saya ngga berkontrak sama si arsitek yang ini (padahal udah keluar duit.. hiks). Nah.. trus ga sengaja pas berangkat kerja nemu lah kantor arsitek di Continue reading “Rumah Idaman Jadi”

Posted in Uncategorized

Hunting tiket

Ini adalah cerita tentang si aku yang ternyata bisa juga kena AADC fever. Padahal dulu ngga nonton di bioskop juga pas yang pertama (masih kere dulu mah.. Haha..), tapi entah kenapa, didukung dengan semangat yang sama dari pak misua tercinta.. maka dengan semangat empat lima (baca: 45), kami pun memutuskan untuk nonton AADC2 di hari kedua pemutaran filmnya di Jakarta.

Kalo film yang udah ditunggu banyak orang kaya gini pastinya rame dan bakalan penuh banget doong di hari-hari pertama kaya gini.. Jadilah si aku heboh berburu tiket nonton yg masih available.. Hal-hal yang si aku lakukan adalah sebagai berikut Continue reading “Hunting tiket”