Alternatif Transportasi Jakarta – Sukabumi

Setelah melalui beberapa kali perjalan panjang dari Jakarta ke Sukabumi dan sebaliknya, maka saya memutuskan untuk merangkum beberapa sarana transportasi yang pernah saya gunakan untuk membantu perjalanan saya menuju ke dunia pengembaraan saya. Cekidot…

1. Bis

Bis ini adalah sarana transportasi yang paling umum. Ada beberapa tujuan di Jakarta seperti Tanjung Priok, Pulo Gadung, Kalideres, dan Kampung Rambutan. Hebatnya, bis ke semua jurusan tersebut adalah ekonomi, tanpa AC, dengan asap rokok dan segala macam pedagang asongan yang berebut sama suara2 sember penyanyi dangdut. Emang sih tuh penyanyi maksudnya menghibur, sampe betah nyanyiin lagu dangdut klasik itu sampe 3 lagu.. pyuhh.. Ditambah bisnya jalan lebih lambat dari siput sampe Ciawi. Tips dari saya adalah bawalah kantong plastik kecil untuk para penumpang yang biasa mabuk perjalanan karena perjalanan jauh dan cukup melelahkan (bisa ditempuh dalam 6 jam, bayangkan 120km dalam 6 jam). Ongkosnya beragam dari 15rb sampai 20rb tergantung jarak.

Kabar gembira untuk para pecinta bis, sekarang ada bis AC tujuan lebak bulus. Nah, itu dia masalahnya.. untuk yang bertujuan di daerah Jakarta Pusat tentu agak jauh untuk menuju terminal Lebak Bulus. Bis nya AC, namun daya tampungnya lebih sedikit, hanya mampu menampung 25 orang duduk, ditambah 2 buah kursi tambahan bergaya “lesehan” dan tetap dijejali penumpang. Bedanya hanya tanpa pedagang dan pengamen. Kalo untuk masalah macet sih sama ajah. Ongkosnya juga ga beda jauh sama yang ekonomi. Cuma 21rb saja.

2. Travel

Nah.. travel ini lumayan enak. Soalnya dia pake layanan door to door. Jadi dijemput dari depan pintu rumah dan dianter sampe depan pintu tujuan..hehe.. luamyan lah kalo bawa banyak barang. Untuk fasilitas seperti ini tentu biayanya juga lebih mahal yaitu sebesar 75rb rupiah. Waktu tempuh tergantung tingkat kemacetan dan seberapa jauh tujuan kita dari tol. Kalo yang diantar kebetulan searah ya pasti lebih cepat sampai daripada kalau yang diantar berbeda2 arahnya. Sayangnya, travel ini cuma ada jam 6 pagi dari Sukabumi dan jam 12 siang dari Jakarta. Itu pula yang jadi masalah saya karena tidak sesuai dengan jam kantor saya. Jadi kalo mau pulang jumat sore susah. Pengen pulang sabtu pagi juga ga bisa. Kalo balik ke jakarta harus minggu pagi, coz kalo senin pagi pasti dah telat blass..

3. Ompreng + Colt

Ini sarana transportasi umum yang paling cepet dan fleksibel menurutku. Dari Sukabumi naik colt “torpedo” (sejenis kendaraan tipe L300) sampe Ciawi, ongkosnya 10rb, waktu tempuh tergantung kemacetan, kalo subuh bisa 1 jam, kalo lagi macet2nya bisa sampe 2,5 jam. Trus dari ciawi sambung ompreng sampe UKI, ongkosnya 10rb juga, waktu tempuh 1-2 jam juga. Dari UKI terserah deh mau ke mana.. Jadi lumayan save waktu lebih banyak lah..

Tapi hati2.. soalnya torpedo ini jalannya bener2 kaya torpedo, rasanya sama kaya naik wahana2 di duf*n.. aksi ngebutnya, banting kiri banting kanan, masuk ke gorong2, sampe masuk ke pedalaman2 berjalan di jalan setapak melewati bukit2 dan berkabut. Kalo duduk di baris belakang supir siap2 aja ditumpuk kaya ikan asin. Apalagi deket pintunya, waw.. satu bangku diisi ber2, satu madep depan, dan satu madep belakang. Ditambah kalo ada kernet nya. 1 mobil itu berdaya tampung 16 penumpang + 1 sopir + 1 kernet.

4. Kereta (update 4 November 2013 – Kereta Pangrango)

Kereta ini yang paling murah. Sukabumi – Bogor (ga tau ongkosnya berapa coz belum pernah) cuma ada jam 5 pagi, Bogor – Sukabumi cuma ada jam 5 sore. Kalo Bogor – Jakarta sih banyak pilihan jam nya tinggal pilih aja. Ongkosnya juga murah. Ekonomi cuma 2500, Ekonomi AC 5500, Express 11000.

5. Motor

Nah.. ini yang paling saya suka. Bisa jalan kapan aja.. waktu tempuh 3-5 jam, ongkos cuma 12rb sekali jalan plus bisa diisi berdua :-)). Kelemahannya harus siap fisik, kepanasan, kehujanan, kulit jadi item, kalo ga biasa bisa masuk angin, dan bisa jatoh juga. :D Belom kalo motornya mogok atau ban bocor.  Enaknya ya bisa nyelip2 kalo macet, bisa mampir dulu kalo laper or pengen pipis coz kendaraan pribadi jadi ya suka2. Sayangnya sekarang tukang ojeg pribadi sayah (:D hehe maaf yang) lagi ga ada di jakarta. Jadi mau ga mau saya pulang sendiri deh.. Udah kapok bawa motor sendiri.

6. Mobil Pribadi

Kalo yang ini saya ga pernah :D Tapi yang pasti kalo buat sendiri rugi, coz bensinnya aja udah abis berapa. Belum tol nya. Enaknya yang pasti paling nyaman. Ntar ah kalo dah kaya, punya mobil pribadi + sopirnya mau pake mobil pribadi, trus ngompreng deh..

Kalo liat pilihannya kaya di atas jadi pengen cepet punya mobil sendiri.. hahahaaa…

18 thoughts on “Alternatif Transportasi Jakarta – Sukabumi

    • YUDISTIRA TRAVEL

      YUDISTIRA TRAVEL
      Antar jemput bandara soekarno hatta dari bandara atau dari rumah ,

      Ongkos yang bisa terjangkau semua kalangan .

      1. Mobil AC.
      2. Full musik.
      3. Supir yang ramah dan sopan .
      4. Online selama 12 jam ,jam berapapun kami jemput di rumah maupun di bandara.
      5. Bisa per orang maupun satu keluarga.
      6. Menggunakan GPS (hanya tinggal sebutkan nama jalannya)

      Harga ongkos :
      • Bandara – jakarta /orang Rp.60.000
      • Bandara – bekasi /orang Rp.70.000
      • Bandara – bogor /orang Rp.70.000
      • Bandara – depok /orang Rp.70.000
      • Bandara – purwakarta /orang Rp.85.000
      • Bandara – sukabumi /orang Rp.90.000
      • Bandara – bandung /orang Rp.100.000

  1. maaf apa boleh saya minta info mengenai travel ke sukabumi juga? bener2 butuh untuk bandara ke sukabumi nich…
    thx

  2. Slmat pagi mba’.. Boleh ga bagi infonya u/ no. Tlp travelnya yang di sukabumi. Trima kasih bnyak sblmya ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s